Sabtu, 07 Maret 2015

KATALOGISASI, PENYELESAIAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA, DAN PENYAJIAN KOLEKSI



PEMBAHASAAN
A.    Pengertian Katalogisasi       
           Katalogisasi kompleks, adalah kegiatan katalogisasi yang mencantumkan informasi data Katalog merupakan alat di perpustakaan untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari buku yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan, Sutarno NS mengartikan katalogisasi adalah kegiatan membuat deskripsi data bibliografi suatu bahan pustaka menurutstandar atau peraturan tertentu.
           Katalogisasi dibagi menjadi tiga macam, yaitu :
1.      Katalogisasi sederhana, adalah kegiatan katalogisasi yang hanya mencantumkan informasi data bibliografis, tingkat (level) I berdasarkan Anglo American Cataloging Rules (AACR) II yaitu : judul asli, pengarang, edisi, penerbit, tempat terbit dan bibliografis tingkat I ditambah antara lain judul paralel, judul-judul seri, judul terjemah, dan pengarang tambahan.
2.      Katalog salinan adalah kegiatan menyalin data bibliografi bahan pustaka dari sumber bibliografi lain dengan atau tanpa menambah informasi yang diperlukan.
                                                                                                                       
 Membuat Katalog yaitu:
1.    langkah pertama membuat kartu katalog. Deskripsi yang dituliskan pada kartu katalog ini sebagian besar diambil dari data yang tertera pada halaman judul;
2.    membuat kartu katalog pengarang berdasarkan kartu katalog utama, tanpa bagian belakang yang berisi kartu inventaris;
3.     membuat kartu katalog judul berdasarkan kartu katalog utama. Caranya han menambahkan judul buku diatas tajuk;
4.    membuat kartu katalog subjek, didasarkan atas sistem klasifikasi yang telahditentukan. Nomor klasifikasi dituliskan disudut kanan bagian atas;
5.    penyusunan kartu katalog, baik kartu katalog utama, kartu katalog pengarang, kartu katalog judul maupun kartu katalog subjek disusun pada kotak secara terpisah dan sistematis.           
Untuk lebih mempermudahkan penggunna dalm mencari buku sudah semestinya disusun dan ditata dengan baik, tata cara kerja penyusunan kartu katalog menurut P. Sumardji adalah:
1.      Bagi kelompok kartu katalog pengarang, kartu katalog judul dan kartu katalog subyek, masing-masing disusun menurut urutan secara alfabetis daripada huruf-huruf nama pengarang, judul dan subyek.
2.       Bagi kelompok kartu katalog  shelflist, disusun menurut urutan nomor penempatan (call number) yang tercantum pada sudut kiri atas, seperti halnya menyusun buku pada rak buku menurut nomor penempatan (call number) yang tercantum pada label yang ditempelkan pada punggung buku.
                                                                                                 
                 Unsur -unsur yang perlu dicantumkan pada penulisan katalog adalah sebagi berikut:
1.      Tanda buku ( nomor buku, tiga huruf nama pengarang, satu hurup judul buku ).
2.         Nama pengarang;  Cara penulisansesaui dengan peraturan nama keluarga yang didepan.
3.          Judul buku,; Judul buku ditulis sesuai dengan apa yang tertera dihalaman judul
4.         Edisi.; Diisi khusus buku-buku yang mengalami penyuntingan kembali untuk penulisan ditulis Ed.ke-2 dan seterusnya
5.      Penerbitan. Dicantumkan tempat terbit, penerbit dan tahun terbit. Cantoh Jakarta: Balai pustaka, 1998.
6.        Deskripsi fisik yang meliputi jumlah halaman, gambar,  jilid, ukuran buku.

B.     Penyelesaian koleksi Bahan Pustaka
Penyelesaian adalah suatu langkah dalam proses pengolahan koleksi perpustakaan setelah bahan-bahan tersebut dilengkapi dengan kartu-kartu dan sebelum mulai ditawarkan untuk dimanfaatkan.
Kegiatan yang dilakukan dalam proses penyelesaian ini meliputi :
1.      membuat label, yaitu semacam “etiket” buku yang ditulis dengan nomor buku dan ditempatkan pada punggung buku atau pada sudut kiri bawah halaman sampul dengan bagian kertas;
2.       membuat formulir kartu buku dari kertas manila. Kartu ini ditulisi pada bagian depan dan bagian belakang;
3.      membuat kantong kartu buku yang ditempelkan pada halaman sampul belakang bagian dalam sebelah bawah. Kantong kartu buku ini diisi dengan nomor induk dan nomor buku tetap ditengah-tengah;
4.       membuat lembaran tanggal kembali yang ditempel pada halaman terakhir buku sehingga letaknya berhadap-hadapan dengan kantong kartu buku.
C.    Penyajian koleksi buku
Apabila buku sudah melalui tahap penyelesaian maka tahap terakhir adalah penyajian. Kegiatan penyajian bahan-bahan koleksi perpustakaan meliputi tahan-tahap sebagai berikut :
a.       mengklasifikasikan bahan koleksi yang berupa buku dan non buku;
b.       mengklasifikasikan buku menurut jenisnya, yaitu :
1.      kelompok buku-buku sumber;
2.      kelompok buku-buku teks; dan
3.      Kelokmpok buku- buku fiksi
c.       menempatkan bahan koleksi menurut aturan nomor buku yang tertera dalam label;
d.      memberikan penahan pada tepi deretan buku agar tidak roboh; dan
e.       Setiap rak atau tingkat rakdi beri label yang agak besat untuk menunjukkan nomor klasifikasi yang tersimpan pada rak atau tingkat rak tersebut.






                                                                  
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Katalogisasi kompleks, adalah kegiatan katalogisasi yang mencantumkan informasi data Katalog merupakan alat di perpustakaan untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari buku yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan, Sutarno NS mengartikan katalogisasi adalah kegiatan membuat deskripsi data bibliografi suatu bahan pustaka menurutstandar atau peraturan tertentu.
Penyelesaian adalah suatu langkah dalam proses pengolahan koleksi perpustakaan setelah bahan-bahan tersebut dilengkapi dengan kartu-kartu dan sebelum mulai ditawarkan untuk dimanfaatkan.
B.     SARAN
Demikian makalah ini kami buat, semoga dengan adanya makalah ini bisa menjadi salah satu bahan rujukan dan membantu proses perkuliahan, mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau penulisan karena tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, mudah-mudahan makalah kedepan Demikianlah lebih baik lagi. Amiiin ya robbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar